Rabu, 14 Oktober 2015

MENGECEK RUTE PAKET MENGGUNAKAN TRACEROUTE DI LINUX



PRAKTIKUM  JARINGAN KOMPUTER
Mengecek Rute Paket (Trace) Menggunakan Traceroute di Linux
Nama : Ni Wayan Sudarningsih
NIM: 1401030014

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Dosen Pengampu: I Putu Agus Eka Swastika,S.T., M.T.




Oke kawan kali ini kita akan membahas apa yang dimaksud dengan Traceout, dan apa saja pengertian, dan cara menggunakan Traceroute di LINUX yuk mari baca artikel dibawah ini sobat, check this out :
A.   PENGERTIAN TRACEROUTE
Traceroute merupakan aplikasi dan tool open source pada system operasi Linux yang dikhususkan untuk membantu pengguna komputer dalam mengecek dan mengetahui rute yang dilewati paket (trace) menuju ke alamat tujuan. Konsep yang digunakan oleh Traceroute adalah dengan memanfaaatkan protocol ICMP (Internet Control Message Protocol) maupun TCP (Transmission Control Protokol), khususnya pada Echo Request dan nilai TTL (Time To Life) yang dimiliki oleh protocol IP (Internet Protocol). Perintah dan aplikasi open source traceroute ini dapat digunakan sebagai tool untuk mengetahui kondisi jaringan komputer Anda dan proses penanganannya (troubleshooting).
Untuk dapat melakukan praktik menggunakan traceroute di sistem operasi Linux, pastikan bahwa komputer Anda telah terhubung ke dalam jaringan komputer (internet/intranet). Kemudian bukalah aplikasi terminal pada system operasi Linux Anda sebagai pengguna biasa. Kemudian cobalah untuk mengetikkan beberapa buah perintah berikut ini.

Jadi bagaimana kita melakukan treaceroute di LINUX? 
  1.   Klik menu Terminal yang ada di menu kiri layar komputer. 
  2.  Dari tampilan layar tersebut, Anda bisa mengetikkan "Traceroute Www.Google.Co.Id" Di Depan Tanda $.
  3.   Lalu tunggu beberapa saat maka tampillan treaceroute akan muncul dan selesai.
·         Berikut contoh tampilannya :



Itu dia sekilas pengenalan mengenai Mengecek Rute Paket (Trace) Menggunakan Traceroute di Linux, semoga bermanfaat, happy reading guys :) 

 
REFERENSI:
Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik Berbasiskan Open Source. . Bandung: Informatika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar