Rabu, 21 Oktober 2015

PENGENALAN TCP/IP, DAN 5 LAYER PADA TCP/IP BESERTA PROTOKOL DIDALAMNYA



PENGENALAN TCP/IP, DAN 5 LAYER PADA TCP/IP BESERTA PROTOKOL DIDALAMNYA
Nama : Ni Wayan Sudarningsih
NIM: 1401030014
Program Study: Sistem Informasi Akuntansi
Dosen Pengampu: I Putu Agus Eka Swastika,S.T., M.T.

Okay, sekarang kita akan membahas apa yang dimaksud dengan TCP/IP beserta apa saja 5  layer dan protocol di dalamnya, yuks chek this out….

5 Layer pada TCP IP beserta protocol di dalamnya adalah sebagai berikut :
Apa yang dimaksud dengan Layer TCP/IP ?
TCP/IP adalah gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju.

Berikut ini merupakan macam – macam Layer TCP/IP , diantaranya:
1)            Network Access
Fungsi Layer Network Access :
Berfungsi mendefinisikan protokol-protokol dan hardware-hardware yang digunakan dalam pengiriman data. Pada layer ini terdapat protokol-protok seperti ethernet pada LAN, PPP pada WAN, dan juga Frame Relay.

2)            Internet Layer
Fungsi Layer Internet :
Internet Layer memiliki fungsi sebagai penyedia fungsi IP Addressing, routing, dan menentukan path terbaik. Internet Layer memiliki 1 protokol yaitu TCP/IP.

3)            Layer Transport
Fungsi Layer Transport :
Transport Layer berfungsi menyediakan servis yang akan digunakan oleh Application Layer. Mempunyai 2 protokol utama yaitu TCP dan UDP.

4)            Application Layer
Fungsi Layer Apllication :
Berfungsi menyediakan servis-servis terhadap software-software yang berjalan pada komputer. Protokol-protokol yang beroperasi pada Application Layer: HTTP, FTP, POP3, SMTP, dll.


5)            Physical Layer
Physical layer mendefinisikan karakteristik yang dibutuhkan hardware untuk membawa sinyal data transmisi. Hal hal seperti level tegangan, nomor dan lokasi pin interface, didefinisikan pada layer ini.

Itu dia pengenalan mengenai TCP/IP dan 5 layer TCP/IP beserta protocol didalamnya, semoga bermanfaat, happy reading guys :)

REFERENSI
Agus Eka Pratama S.T.M.T, I Putu.2014. Wireless Sensor Network Teori dan Praktik Berbasis Open source. Bandung: Informatika.

Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik Berbasiskan Open Source. . Bandung: Informatika.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar