Rabu, 21 Oktober 2015

PACKET CAPTURE MENGGUNAKAN WIRESHARK DI LINUX



Packet Capture Menggunakan Wireshark di Linux

Nama : Ni Wayan Sudarningsih
NIM: 1401030014
Program Study: Sistem Informasi Akuntansi
Dosen Pengampu: I Putu Agus Eka Swastika,S.T., M.T.

Sekarang kita akan membahas apa yang dimaksud dengan Packet Capture mengunakan
Wireshark di LINUX penasaran yuk kita lihat bacaan di bawah ini chek this out…
A.     Definisi mengenai Wireshark
Yang kita ketahui Packet capture merupakan proses untuk merekam (capture) paket data yang lalu-lalang dijaringan computer. Di jaringan computer, misalnya pada protocol HTTP, terjadi komunikasi antara client dan server dalam sebuah layanan berbasis web. Komunikasi antar keduanya itu memerlukan pertukaran data. Kita dapat merekam, memfilter, menganalisis, beragam paket data dari beragam protocol yang berlalu lintas di jaringan Komputer menggunakan aplikasi yang dikhususkan untuk itu. Salah satu aplikasi open source yang direkomendasikan untuk melakukan capture paket data di jaringan computer adalah Wireshark (www.wireshark.org).

Sebelum memulai praktikum melakukan capture data dari jaringan computer menggunakan Wireshark, pastikanlah bahwa computer Anda telah terinstal system operasi Linux, aplikasi wireshark, dan koneksi internet. Untuk melakukan instalasi Wireshark dapat anda melakukan langkah-langkah atau melalui salah satu dari dua cara berikut ini:
1.  Melalui tahap aplikasi GUI, Anda dapat menggunakan manager paket perangkat lunak milik distri Linux yang Anda gunakan. Antara lain YAST, Synaptic, atau Yumex. Ketikkan wireshark pada kolom pencarian, kemudian centangi untuk memulai proses instalasi.
2.  Melalui perintah di terminal Linux, Anda cukup membuka aplikasi terminal di Linux, kemudian menjadi root melalui perintah su ataupun sudo su (sesuai distro Linux Anda). Lalu ketikkan perintah yum install wireshark. Perintah yum install dapat digantikan dengan apt-get install (untuk basis Ubuntu dan Debian), atau zipper install (untuk basis Open SUSE).

Kemudian berikut adalah urutan langkah-langkah praktikum  yang harus dilakukan, untuk melakukan capture packet data pada jaringan komputer, memanfaatkan aplikasi open source Wireshark:
1.      

1. Yang pertama, kita akan  membuka aplikasi terminal pada Linux Anda, kemudian dengan akses root, ketikkan wireshark. Seharusnya akan muncul tampilan awal Wireshark di layar komputer Anda.













2.   Setelah Wireshark tampil di layar computer, pilihlah interface koneksi Anda, melalui opsi Capture => Interface. Jika benar, maka Anda akan melihat sejumlah interface koneksi yang Anda miliki. Klik tombol Start pada interface yang Anda gunakan.











3. sebelum itu Anda menekan tombol Start untuk memulai menampilkan paket data yang ada di jaringan, bukalah aplikasi web browser. Misalkan saja Google Chrome atau Mozilla Firefork.











    4. kemudian Lanjutkan dengan mengklik tombol Start di wireshark. Amatilah paket-paket data pada jaringan komputer yag ditampilkan di wireshark saat Anda mengakss situs melalui aplikasi web browser.


Itu dia beberapa materi mengenai praktikum packet capture menggunakan wireshark di LINUX, semoga bermanfaat, happy reading guys J

Referensi :
Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik Berbasiskan Open Source. . Bandung: Informatika.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar