Rabu, 14 Oktober 2015

PENGGUNAAN PING DI JARINGAN KOMPUTER DALAM LINUX



PENGGUNAA PING DALAM JARINGAN KOMPUTER
Nama : Ni Wayan Sudarningsih
NIM: 1401030014
Program Study: Sistem Informasi Akuntansi
Dosen Pengampu: I Putu Agus Eka Swastika,S.T., M.T.



Sekarang kita akan mengenal apa yang dimaksud dengan PING kemudian langsung dengan contoh Praktikumnya, yuk kita lihat sobat , check this out….

A.   Pengertian PING
PING merupakan salah satu program yang digunakan untuk mengecek komunikasi antar komputer dalam sebuah jaringan melalui protokol TCP/IP. Ping adalah suatu perintah pada command prompt yang berfungsi  untuk mentes, apa jaringan connect atau tidak. Ping dapat juga berarti program dasar yang mengijinkan satu pengguna untuk mem-verifikasi bahwa alamat protokol internet tertentu ada dan dapat menerima permintaan-permintaan. Ping digunakan untuk memastikan bahwa satu komputer yang sedang dituju sedang aktif dan memberikan respon balik. Misalnya, bila kita ingin mengirimkan suatu file ke suatu alamat host, maka untuk melihat berapa lama waktu operasi yang dibutuhkan, kita menggunakan ping. (Nama “ping” datang dari sonar sebuah kapal selam yang sedang aktif, yang sering mengeluarkan bunyi ping ketika menemukan sebuah objek).Dalam pengertian lain, ping berupaya untuk “mendapatkan perhatian” atau “mengecek ada atau tidaknya suatu host”. Ping beroperasi dengan mengirimkan sebuah paket kepada suatu alamat yang dituju dan menunggu respon balik dari host yang dituju tersebut.
            PING merupakan salah satu program yang digunakan untuk mengecek komunikasi antar komputer dalam sebuah jaringan melalui protokol TCP/IP. PING akan mengirimkan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request messages pada ip address komputer yang dituju dan meminta respons dari komputer tersebut.

ΓΌ  Adapun dari penggunaan PING, yaitu sebagai berikut :
Kegunaan PING antara lain adalah sbb:
  • Mengetahui status up/down komputer dalam jaringan
Kita dapat mengecek apakah sebuah komputer up/down menggunakan perintah PING, jika komputer tersebut memberikan response terhadap perintah PING yang kita berikan maka dikatakan bahwa komputer tersebut up atau hidup.
  • Memonitor availability status komputer dalam jaringan.
PING dapat digunakan sebagai tool monitoring availibilitas komputer dalam jaringan yang merupakan salah satu indikator kualitas jaringan yaitu dengan melakukan PING secara periodik pada komputer yang dituju. Semakin kecil downtime, semakin bagus kualitas jaringan tersebut.
  • Mengetahui responsifitas komunikasi sebuah jaringan.
Besarnya nilai delay atau latency yang dilaporkan oleh PING menjadi indikasi seberapa responsif komunikasi terjadi dengan komputer yang dituju. Semakin besar nilai delay menunjukkan semakin lamban respons yang diberikan. Sehingga nilai delay ini juga bisa digunakan sebagai indikator kualitas jaringan.
Kemudian  bagaimana cara kita tes koneksi PING pada komputer kita? 
Oke langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Buka terminal dengan mengklik dashbord disebelah kiri atas sedikit agak dibawah panel atas atau dengan cara pintas anda dapat membuka terminal dengan menekan menu "Ctrl-Alt-T"
  2. Setelah terminal terbuka maka ketikkan perintah PING, dalam kasus ini kita akan PING situs Google.com so kita buat PING www.google.com
  3. Jika anda telah selesai melakukan ping maka cara untuk memberhentikannya adalah dengan cara menekan Ctrl-C
 
Berikut screenshot google yang sudah kena PING :










Itu dia pengenalan mengenai Penggunaan PING dalam Linux di jaringan komputer, semoga bermanfaat, happy reading guys :)

REFERENSI :
Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik Berbasiskan Open Source. . Bandung: Informatika.
Agus Eka Pratama S.T.M.T, I Putu.2014. Wireless Sensor Network Teori dan Praktik Berbasis Open source. Bandung: Informatika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar