Kamis, 22 Oktober 2015

PRAKTIK: TUTORIAL INSTAL XAMPP LINUX



PRAKTIK:
TUTORIAL INSTAL XAMPP LINUX
Nama : Ni Wayan Sudarningsih
NIM: 1401030014
Program Study: Sistem Informasi Akuntansi
Dosen Pengampu: I Putu Agus Eka Swastika,S.T., M.T.

Sekarang kita akan membahashasil dari praktikum dikelas, disini kita akan mengenal apa yang dimaksud dengan XAMPP Linux, instalansi dan konfigurasi XAMPP Linux ,penasaran yuk kita baca artikel dibawah ini sobat , check this out….

A.    Sekilas tentang WEB Server :
Web server merupakan perangkat lunak (aplikasi) yang di install, dikonfigurasi, dan dijalankan pada sistem operasi suatu komputer , yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi dengan layanan berbasis web/website. Dunia Linux dan open source menawarkan beragam aplikasi web server yang bisa digunakan. Tiga aplikasi web server terkemuka yang dapat anda gunakan antara lain XAMPP Linux.
B.     Mengenal apa yang dimaksud dengan XAMPP LINUX :
XAMPP Linux merupakan salah satu aplikasi open source berupa aplikasi web server yang bersifat instan (siap saji). Sesuai namanya, aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna sistem informasi Linux distribusi apa pun. Untuk pengguna sistem informasi lainnya, XAMPP menyediakan versi tersendiri. XAMPP Linux memberikan kemudahan kepada pengguna untuk dapat menginstalnya  secara mudah dan offline, tanpa perlu koneksi internet ataupun koneksi ke server repository (lumbung aplikasi sistem operasi Linux).

A.    Instalansi XAMPP LINUX, yaitu sebagai berikut :

Untuk menginstal XAMPP LINUX, pertama-tama anda wajib mengunduh file XAMPP Linux di http://www.apachefriends.org/en/xampp.html.
1. Setelah file XAMPP Linux tersedia kemudian bukalah aplikasi Terminal di system operasi Linux. Kemudian jadilah root dengan mengetikan Sudo su. Seperti gambar di bawah ini.
https://nurchay.files.wordpress.com/2015/10/1.png
  2. Langkah selanjutnya adalah ketikan LS –LA seperti pada gambar berikut ini :
https://nurchay.files.wordpress.com/2015/10/7.png3. Hasilnya akan nampak seperti gambar di bawah ini:
https://nurchay.files.wordpress.com/2015/10/9.png
https://nurchay.files.wordpress.com/2015/10/8.png
4. Kemudian berikan hak akses kepada file XAMPP Linux agar dapat dieksekusi, dengan menggunakan perintah seperti di bawah ini.
https://nurchay.files.wordpress.com/2015/10/2.png 5. Kemudian jalankan proses instalasi tatap muka GUI untuk XAMPP Linux dengan cara mengetikan perintah seperti di bawah ini.
https://nurchay.files.wordpress.com/2015/10/3.png6.  Selanjutnya proses penginstallan akan di mulai, dan akan muncul gambar seperti di bawah ini.
https://nurchay.files.wordpress.com/2015/10/4.png
7. Kemudian anda akan di tawari untuk memilih komponen mana saja yang akan di install  pada XAMPP Linux. Disediakan dua pilihan sebagai berikut:

  • XAMPP Core files untuk memuat file-file utama
  • XAMPP Developer file khusus untuk para pengembang

8. Pada praktik kali ini, kami menggunakan salah satu komponen seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.
https://nurchay.files.wordpress.com/2015/10/5.png 
 9. Selanjutnya langkah pertama yang akan dilakukan oleh XAMPP Linux adalah mengekstrak paket ke direktori / opt/ lampp. Berikut ini gambar memulai menginstal ke / opt/lampp. Kemudian klik tombol Next untuk menuju ke langkah selanjutnya.
https://nurchay.files.wordpress.com/2015/10/6.png 















10. Kemudian keterangan mengenai Bitnami akan muncul, untuk membantu anda untuk menginstal aplikasi-aplikasi open source lainnya yang berjalan di atas XAMPP Linux, seperti gambar di bawah:

https://nurchay.files.wordpress.com/2015/10/10.png 
11. Setelah menekan tombol Next, maka sistem segera melakukan proses ekstraksi (unpacking) file dan folder yang dimiliki oleh XAMPP Linux ke subdirektori /opt/lampp pada operasi linux anda. Biarkan proses berjalan hingga selesai dengan baik, seperti gambar di bawah ini:
https://nurchay.files.wordpress.com/2015/10/11.png 
12. Setelah proses instalasi XAMPP Linux selesai dan anda ingin langsung membuka aplikasi XAMPP Linux tekan tombol Go To Application, seperti gambar di bawah ini:
 https://nurchay.files.wordpress.com/2015/10/12.png 
13. Kemudian secara otomatis pada halaman web browser anda, akan muncul tampilan awal halaman index XAMPP Linux, seperti gambar di bawah ini :

https://nurchay.files.wordpress.com/2015/10/13.png
14. Untuk mengaktifkan program Apache, MySQL dan ProfTPD anda bisa kembali ke terminal dan ketikkan /opt/lampp/lampp start seperti gambar di bawah ini.
https://nurchay.files.wordpress.com/2015/10/14.png 
15. Proses instalasi selesai dan anda bisa langsung menggunakan aplikasi XAMPP Linux.

Referensi :

Pratama, I Putu Agus Eka. 2014. Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik Berbasiskan Open Source. Bandung : Informatika.

Pratama, I Putu Agus Eka. 2014. Smart City beserta Cloud Computing Teori dan Praktik Berbasiskan Open Source. Bandung : Informatika












Tidak ada komentar:

Posting Komentar