Rabu, 21 Oktober 2015

TRAFFIC JARINGAN MENGGUNAKAN IPTRAF di LINUX



Traffik Jaringan Menggunakan IPTraf di LINUX

Nama : Ni Wayan Sudarningsih
NIM: 1401030014
Program Study: Sistem Informasi Akuntansi
Dosen Pengampu: I Putu Agus Eka Swastika,S.T., M.T.



  
Okay lanjut sekarang kita akan membahas apa yang dimaksud dengan Traffik Jaringan Menggunakan IPTraf di LINUX, yuks mari baca chek this out….

Seperti yang diketahui setelah membaca beberapa sumber mengenai IPTRAF adalah sebuah tools jaringan di LINUX yang berbasis konsoul yang berfungsi mengumpulkan informasi jaringan seperti koneksi TCP berupa paket, jumlah byte yang diterima, statistik interface dan indikator aktivitas jaringan dan sebagainya. Biasanya IPTRAF menampilkan informasi berikut:
-          Network traffic statistics by TCP connection
-          IP traffic statistics by network interface
-          Network traffic statistics by protocol
-          Network traffic statistics by TCP/UDP port and packet size
-          Network traffic statistic by Layer2 address

                  Untuk melakukan ini, computer beserta system operasi Linux di dalamnya wajib terhubung ke jaringan computer (internet, intranet), kemudian langkah-langkah berikut ini:
     1. Mengingat Anda akan melakukan instalansi aplikasi, yang mana memerlukan akses ke sistem, maka Anda harus menjadi root. Untuk itu, bukalah aplikasi Terminal di Linux Anda, kemudian jadilah root dengan mengetikkan sudo su atau su (sesuai distro Linux yang Anda gunakan). Misalkan jika Anda menggunakan distro Linux IGOS Nusantara, Fedora, CentOS, Clear OS, dan turunanya, gunakan perintah su. Jika Anda menggunakan Debian, Ubuntu, dan turunannya, gunakan perintah sudo su.

2.       Install IPTRAF dengan perintah sudo apt-get install iptraff di terminal



3.      Setelah aplikasi dijalankan, IPTraf melalui terminal (sebagai root) dengan mengetikkan IPTRAF-ng atau IPTRAF. Setelah Anda menjalankan perintah untuk memanggilkan aplikasi IPTraf melalui akses root, Seharusnya Anda akan disajikan tampilan awal berupa informasi mengenai aplikasi IPTraf beserta dengan versi, pengembang dan lainnya. Tekan tombol ENTER untuk melanjutkan langkah berikutnya.

Itu dia pengenalan mengenai Traffik Jaringan Menggunakan IPTraf di LINUX, semoga bermanfaat, happy reading guys J


Referensi :
Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik Berbasiskan Open Source. . Bandung: Informatika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar