Rabu, 21 Oktober 2015

MENGENAL APA ITU CLOUD COMPUTING DALAM JARINGAN KOMPUTER



PENGENALAN MENGENAI CLOUD COMPUTING BESERTA 3 JENIS LAYANANNYA
Nama : Ni Wayan Sudarningsih
NIM: 1401030014
Program Study: Sistem Informasi Akuntansi
Dosen Pengampu: I Putu Agus Eka Swastika,S.T., M.T.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai Cloud Computing Beserta 3 Jenis Layanannya , dan penjelasannya, yuk check this out…
A. Definisi Cloud Computing menurut NIST
Teknologi Cloud Computing merupakan salah satu teknologi di dalam proses manajemen server dan jaringan.Dalam draf NIST (National Institute of Standard and Technology) yang berjudul The NIST Definition of Cloud Computing, Peter Meeldan Timothy Grance mendefinisikan Cloud Computing sebagai sebuah model yang memungkinkan adanya penggunaan sumber daya (resource) secara bersama-sama dan mudah, menyediakan jaringan akses dimana-mana, dapat konfigurasi, dan layanan yang digunakan sesuai keperluan (on demand). Sehingga dapat dikatakan bahawa layanan pada Cloud Computing dapat disediakan dengan cepat dan meminimalisir interaksi dengan penyedia layanan (vendor/provider) Cloud Computing.

B.  Cloud Computing Memiliki Nilai Lebih Dalam On Demand Service , yaitu 3 Jenis Layanan dan 4 Model Deployment pada Cloud Computing, sebagai berikut :

*      Tiga Jenis layanan pada Cloud Computing :
1. Software as a Service (SaaS)
Jenis layanan yang diberikan kepada konsumen dengan bentuk menggunakan/pemakaian aplikasi. Aplikasi dapat diakses dari berbagai perangkat klien baik melalui tatapmuka klien, seperti browser web (misalnya, email berbasis web), atau tatapmuka program. Cukup dengan komputer atau perangkat mobile, jaringan, server, sistem operasi, aplikasi web browser, dan koneksi internet saja konsumen dpat dengan mudah menggunakan layana Cloud Computing tipe ini.
2. Platform as a Service (PaaS)
merupakan jenis layanan pada Cloud Computing yang menekankan pada penyediaan platform untuk membantu proses pengembangan perangkat lunak secara cepat dan mudah. Layanan platform yang diberikan kepada konsumen umumnya juga berbasis web, dimana di dalamnya telah tersedia banyak fitur yang memudahkan programmer dan pengguna awam dalam mengembangkan aplikasi tanpa memerlukan banyak proses penulisan sumber code (coding).
3. Infrastructure as a Service (IaaS)
Jenis layanan yang diberikan kepada konsumen untuk pengolahan penyediaan, penyimpanan, jaringan, dan sumber daya lainnya yang mendasar komputasi di mana konsumen dapat menyebarkan dan menjalankan perangkat lunak sewenang-wenang, yang dapat mencakup sistem operasi dan aplikasi. Konsumen tidak mengelola atau mengendalikan jenis layanan tipe ini tetapi memiliki kontrol atas sistem operasi, penyimpanan, dan aplikasi dikerahkan namun kontrol mungkin terbatas dalam memilih jaringan (misalnya, firewall host).
 
*      Empat Jenis Deployment pada Cloud Computing :

1. Private Cloud
Model Cloud Computing yang ditujukan untuk penggunaan yang terbatas oleh satu organisasi yang terdiri dari beberapa konsumen (misalnya, unit bisnis). Private Cloud umumnya dikelola, dan dioperasikan oleh organisasi, lingkungan laboratorium riset, sekolah, perpustakaan, dan lain-lain.
2. Community Cloud
Model Cloud Computing yang ditujukan untuk penggunaan eksklusif oleh komunitas tertentu konsumen dari organisasi yang telah berbagi keprihatinan (pertimbangan misalnya, misi, persyaratan keamanan, kebijakan, dan kepatuhan). Community Cloud dikelola, dan dioperasikan oleh satu atau lebih dari organisasi di masyarakat, instansi, lembaga maupun suatu kelompok tertentu.
3. Public Cloud
Model Deployment yang dimana layanan Cloud Computing dibuka untuk public oleh masyarakat umum (jaringan internet dan memiliki IP Public). sehingga layanan data dan informasi di dalamnya dapat digunakan dan dibagikan dengan mudah ke seluruh pengguna.
4. Hybrid Cloud
Hybrid Cloud adalah model Deployment Cloud Computing yang merupakan gabungan dari Private Cloud dan Public Cloud. Pada model ini digunakan aturan atau SLA yang merujuk kepada data mana saja yang akan diletakkan di media penyimpanan (strorage) Public Cloud (internet) dan adata mana saja yang akan diletakkan di storage Private Cloud (Intranet). Hail ini bertujuan dalam memudahkan dalam manajemen keamanan dan manajemen data.

Itu dia pengenalan mengenai Pengenalan Cloud Computing dan 3 jenis layanannya, semoga bermanfaat, happy reading guys :)

REFERENSI
Agus Eka Pratama S.T.M.T, I Putu.2014. Wireless Sensor Network Teori dan Praktik Berbasis Open source. Bandung: Informatika.

Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik Berbasiskan Open Source. . Bandung: Informatika.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar